The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang stadi kasus yang penulis temukan di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Kota Padang, dimana terdapat seorang guru tunanetra yang memiliki prestasi yang sangat gemilang, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hal-hal yang membuat guru penyandang tunanetra bisa berprestasi dan menjadi motivasi bagi anak-anak atau penyandang tunanetra lainnya bahwa hambatan tidak menghalangi untuk berprestasi. Penelitian ini menggunakan metode stadi kasus yang termasuk dalam pendekatan kualitatif, sabjek penelitian ini yaitu guru penyandang tunanetra, keluarga ( istri), dan pelatih catur guru penyandang tunanetra itu sendiri, agar semua data dapat terkumpul peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kegigihan dan kemauan guru penyandang tunanetra IS untuk bisa melampaui batas dari hambatannya sangat besar, hal ini dilihat dari awal guru penyandang tunanetra IS bermain catur, sampai keproses bisa mencapai prestasi ketingkat Asia Tenggara.

Keywords


Guru Penyandang Tunanetra, Prestasi, Olahraga Catur