The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan vokasional membuat sandal kulit bagi anak tunagrahita ringan. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak tunagrahita mengalami keterbatasan dalam akademik untuk itu tidak menutup kemungkinan mereka mampu pada bidang keterampilan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru keterampilan, dan anak tunagrahita ringan yang berjumlah 3 orang serta informan penelitian berjumlah tiga orang. Penelitian dilakukan dilingkungan sekolah SLB Negeri 2 Padang dan lingkungan sekitar sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta studi dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa di sekolah memang telah melaksanakan pembelajaran keterampilan vokasional yaitu membuat sandal kulit tidak hanya keterampilan membuat sandal saja ada juga keterampilan yang lain seperti boga, busana (membuat tas seminar dan laptop) dan juga di fasilitasi dengan sarana dan prasarana yang lengkap baik berupa alat dan bahan, ruangan khusus serta guru khusus di bidang keterampilan masing-masing.


Keywords


Keterampilan Vokasional, Membuat Sandal Kulit, Tunagrahita