The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini didasari oleh masalah yang ditemukan di SLB  YPPLB Padang , ada lima siswa retardasi mental ringan yang mengalami hambatan dalam gerakan mereka, terutama dalam hal kelincahan. Untuk meningkatkan kepercayaan diri anak dalam bersosialisasi baik dengan teman atau masyarakat sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah efektif menggunakan gerakan breakdance dasar untuk meningkatkan kelincahan gerakan anak retardasi mental di SLB YPPLB Padang, metode penelitian kuasi-eksperimental dari satu kelompok desain pretest-posttest. Tes penelitian ini menggunakan instrumen tes langkah-langkah gerakan breakdance dasar untuk menghitung kemampuan seorang anak dalam kelincahan gerakannya dan diuji melalui uji Wilcoxon dengan SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gerakan breakdance dasar efektif dalam meningkatkan kelincahan pergerakan anak retardasi mental ringan di YPPLB Padang SLB. Ini terbukti dari pengujian hipotesis.


Keywords


Kelincahan Gerak; Basic Breakdance; Anak Tunagrahita Ringan