The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Artikel membahas tentang meningkatkan kemampuan menulis pada anak disgrafia di kelas V SD Negeri VII Koto Sungai Sarik. Latar belakang permasalahan yang ditemui yaitu anak yang mengalami kesulitan belajar menulis kata benda, untuk meningkatkan kemampuan menulis anak melalui buku bergaris tiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekperimen dalam bentuk Single subject Research (SSR) desain A1-B-A2. Teknik analisis data yang digunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak disgrafia. Pengukuran variabelnya menggunakan persentase.

Pada kondisi A1 (baseline) adalah kondisi sebelum diberikan perlakuan anak mendapat skor 10%. Kondisi B (Intervensi) anak diberikan perlakuan melalui media buku bergaris tiga kemampuannya meningkat menjadi 70%. Dan kondisi A2 (Baseline) adalah kondisi tidak diberikan perlakuan mendapatkan skor 80%. Persentase overlape pada kondisi baseline (A1) dan intervensi (B) adalah 0% dan overlope data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi (B) 55,55%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku bergaris tiga dapat menigkatkan kemampuan menulis pada anak disgrafia.


Keywords


Media buku bergaris tiga, menulis kata benda, disgrafia