Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL) yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4D. Subjek penelitian ini siswa kelas XI TITL 1 SMK Negeri 1 Pariaman yang terdaftar pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh validitas media adalah 88% dengan kategori valid, validitas materi rata-rata 88% dengan kategori valid. Uji Praktikalitas dengan reponden guru nilai rata-rata 86,53% dan siswa nilai rata-rata 85,2% menyatakan modul pembelajaran IPL adalah sangat praktis. Uji keefektifitasan melalui hasil posttest dari 24 siswa yang telah tuntas di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah sebanyak 22 siswa dan 2 orang siswa dengan nilai di bawah KKM. Diperoleh ketuntasan siswa sebesar 92 % dengan kategori efektif. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPL adalah valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar untuk Instalasi Penerangan Listrik.

Keywords


Learning modules for Electrical Lighting Installation (IPL), valid, practical, and effective.