AN ANALYSIS OF GENERIC STRUCTURE IN STUDENTS’ WRITING OF AN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT AT GRADE XI OF MAN 2 PADANG IN THE 2015/2016 ACADEMIC YEAR

RIFA'ATUL MAHMUDAH(1), Yeni Rozimela(2), Saunir Saun(3),
(1) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia
(2) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia
(3) English Department Faculty of Languages and Arts State University of Padang  Indonesia

Corresponding Author
Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

DOI : https://doi.org/10.24036/jelt.v6i1.8101

Full Text:    Language : English

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana tulisan siswa di dalam menulis teks analytical exposition di lihat dari struktur teks analytical exposition itu sendiri, yaitu Thesis, Argument, dan Reiteration. Dalam penelitian ini penulis menggunakan rubrik penilaian yang di adaptasi dari teori Hamp-Lyons yang digunakan oleh tim assessors yang ahli di bidang writing dan penulis sendiri untuk menilai tulisan siswa tersebut. Instrumen yang digunakan adalah menulis teks analytical exposition berdasarkan tiga buah topik berbeda. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Padang untuk siswa kelas XII tahun ajaran 2015/2016. Jumlah tulisan siswa yang terkumpul adalah 100 buah teks, dan 25 buah teks di ambil secara acak sebagai sampel untuk di analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis thesis, argument dan reiteration termasuk kedalam kategori good. Untuk hasil yang lebih baik lagi, guru Bahasa Inggris diharapkan untuk banyak memberikan latihan menulis  kepada siswa untuk berbagai jenis teks di dalam Bahasa Inggris, khususnya teks analytical exposition. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian berkaitan dengan teks analytical exposition yang lebih baik lagi kedepannya.

Keywords


menulis, teks analytical exposition, generic structure.

References


Arianto, M. A., Refnaldi, R., & Rosa, R. N. (2017). THE SYSTEMIC FUNCTIONAL LINGUISTICS: THE APPROPRIATE AND INAPPROPRIATE USE OF DEVICES IN STUDENTS’ACADEMIC TEXT. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, 10(2), 127-136.

Almita. 2008. “Improving Students’ Writing Skill in Analytical Exposition Texs Through Genre-Based Approach at SMAN 1 Pariaman”. Padang: Universitas Negeri Padang. (Unpublished Thesis).

Lindsay, Cora and Knight, Paul. 2006. Learning and Teaching English: A Course for Teacher. Oxford: Oxford University Press.

Martin, J.R and Rose, David. 2008. Working with Discourse: Meaning Beyond the Clause. Sydney:Halliday Centre.Ramona, Alice Bran. 2014. Immigration: ‘A Lifelong Pregnancy’? An Analysis of Jhumpa

Lahiri’s Fiction. Dortmund: Technischen Universität Dortmund.

Silfia, Efa. 2014. “Students’ Difficulties in Comprehending Analytical Exposition Text: A Case at Grade XI A of Science Program in SMAN 3 Sungai Penuh”. Padang: State University of Padang. (Unpublished Thesis).


Article Metrics

 Abstract Views : 2434 times
 PDF Downloaded : 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal of English Language Teaching

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.