LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI PENGELOLAAN KELAS: SEBUAH KAJIAN LITERATUR

Zatur Rahmi(1),
(1) STKIP Adzkia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.24036/et.v7i2.107071

Full Text:    Language : id

Abstract



Lingkungan belajar adalah semua kondisi yang mempengaruhi tingkah laku subjek yang terlibat didalam pembelajaran, terutama guru dan peserta didik sebagai ujung tombak proses pembelajaran disekolah. Lingkungan belajar yang kondusif sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnyakualitas guru dan peserta didik yang ada di sekolah. Pengelolaan kelas merupakan sebuah upayauntuk mewujudkan suatu kondisi proses atau kegiatan belajar mengajar yang efektif. Pengelolaankelas merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lingkungan kelas yang kondusif. Kelaskondusif dimaksudkan agar proses pembelajaran dapat menjadi lebih terkontrol dan memberikanrasa nyaman bagi siswa dari sisi psikologis dan kesiapan siswa dalam belajar. Banyak faktor yangmenyebabkan kelas menjadi tidak kondusif. Solusi mengatasi persoalan kelas tidak kondusif dapatdilakukan dengan mengatur settingan kelas, menentukan strategi, gaya komunikasi termasukmemahami psikologis siswa dalam proses belajar.

References


Bolla, John I and Joni, T. (1985). Keterampilan Mengelola Kelas.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar.

Entang, M and Joni, T. (1985). Pengelolaan Kelas.

Good, Thomas L and Lavigne, A. L. (2017). Looking in classrooms.

Harjali, H. (2017). Strategi Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Kondusif: Studi

Fenomenologi pada Kelas-kelas Sekolah Menengah Pertama di Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran (JPP), 23, 010–019.

Isbadrianingtyas, Nafi and Hasanah, Muakibatul and Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam

Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1, 901–

Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6300

Maman, R. (1998). Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud

Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Cetakan Ke-2.

Santrock, J. W. (2008). Educational psychology.

Usman, M. U. (2002). Menjadi guru profesional.

Widyaningtyas, Anisa and Radiyono, Y. and others. (2013). Peran lingkungan belajar dan kesiapan belajar

terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati. Jurnal Pendidikan

Fisika, 1, 136–143.

Zaturrahmi, Zaturrahmi and Hamdi, Hamdi and Ratnawulan, R. (2017). PENERAPAN MODEL

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS PROYEK MEMBUAT ALAT

EKSPERIMEN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN

KOMPETENSI FISIKA SISWA DI KELAS XI TKR SMK ADZKIA PADANG. Gravity: Jurnal

Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 3. Retrieved from

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity/article/view/3207/2016


Article Metrics

 Abstract Views : 29497 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 3183 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.