Abstract


Alahan Panjang Resort ini didirikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok pada tahun
1997 dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Solok. Dengan luas tanah keseluruhan lebih
kurang 28 hektar. Sekarang telah mempekerjakan karyawan PNS 5 orang, PTT 1 orang, Satpam
6 orang dan tenaga kebersihan 4 orang.
Karya akhir ini selain bertujuan salah satu syarat untuk menamatkan perkuliahan S 1 di
Universitas Negri Padang juga bertujuan agar Alahan Panjang Resort dapat lebih dikenal
masyarakat sebagai salah satu objek wisata yang paling digemari para pengunjung dan
wisatawan.
Selanjutnya pembuatan karya akhir yang bertemakan “Perancangan Coorporate Identity
Alahan Panjang Resort” ini penulis akan mendesain sebuah logo, media pendukung beserta
media-media promosi. Penulis akan mencoba untuk menerapkan visualisasi yang dapat mewakili
Alahan Panjang Resort tersebut dalam perancangan logo, media pendukung dan media promosi.
Dalam perancangan tersebut penulis mencoba untuk menguraikan keunggulan-keunggulan dari
Alahan Panjang Resort. Kemudian penulis mencoba mendesain dalam bentuk beberapa lay out
kasar menjadi sebuah lay out komprehensif yang nantinya salah satu dipilih sebagai final desain.


Kata kunci: perancangan logo, media pendukung dan media promosi