FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI GURU, MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Desrisa Aulia Yusman, Faisal Ashar, P.hD

Abstract


Abstrak - Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) memiliki visi membentuk calon pendidik profesional, tetapi hanya sedikit mahasiswa Program Studi PTB yang ingin menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor mana yang sangat berpengaruh terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi PTB FT UNP.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yaitu faktor – faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa Program Studi PTB FT UNP untuk menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi PTB FT UNP yang telah melaksanakan PPLK sampai periode Juli - Desember 2019 dan masih aktif kuliah, yang berjumlah 112 orang (mahasiswa tahun masuk 2011 – 2015). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik  proportional random sampling, populasi yang dijadikan sampel yaitu sebanyak 88 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan angket online dengan penilaian skala likert. Teknik analisis data menggunakan  rumus persentase perindikator. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan program SPSS versi 17.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa diantara faktor internal dan eksternal, yang paling mempengaruhi minat Mahasiswa Program Studi PTB FT UNP menjadi guru adalah faktor eksternal.

 

Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Minat, Guru


Full Text:

XML

References


Info UNP. 2018. Profil Universitas Negeri Padang (dalam website https://infounp.or.id/profil-universitas-negeri- padang/ diakses 10 September 2019)

sipil.ft.unp.ac.id/?page_id=63

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Januardy Ilham. 2018. Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Ilmu Ukur Tanah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Konstruksi Batu Dan Beton Smkn 5 Padang. CIVED ISSN: 2302 – 334 ( Vol.5 No.3)

Rendi Wahyudi. 2019. Hubungan Minat Menjadi Guru Dengan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan. CIVED ISSN: 2302 – 3341 (Vol. 6, No. 1)

Nurianda WFE Aromatika. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Ft-Unp Terhadap Profesi Guru. CIVED ISSN: 2302 – 3341 ( Vol.5 No.2)

Depdiknas. (2005). Undang-Undang Nomor 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Sardiman. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan.

Jakata: Kencana Prenada Media Group.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Woro Widyanti (2006). Pengaruh Minat Menjadi Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Skripsi. UNNES.

Zhao, K. (2011). Motivations to Become Teachers in Canada: Perceptions from Internationally Educated Teachers. (Versi Elektronik). International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), 1 (1), 613-617.

Rahmanto,B. (2011). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Saifuddin, Azwar. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugroho, Widhi Satya. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Jurnal UNTAN, Vol 5, No.10,hlm.1-11.




DOI: https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106221

Copyright (c) 2019 Desrisa Aulia Yusman, Faisal Ashar, P.hD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

PENERBIT : UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat:
Jalan Hamka  Padang. Indonesia
email: sipil@ft.unp.ac.id