Abstract


Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman secara meluas tentang tugas manajemen peserta didik, dimana masih banyak kalangan yang menggap tugas manajemen peserta didik hanya sekedar mengurus pendataan peserta didik saja. Sehingga tugas dalam pengeloaan karakter peserta didik belum terlaksanakan dengan baik. Tidak heran di Negara Indonesia masih banyak kasus- kasus di kalangan dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, yang hanya menggambarkan implementasi manajemen peserta didik dalam membengun pendidikan karakter di sekolah. Teknis analisi yang digunakan peneliti adalah observasi. Dan hasil penelitian dapat disimpulkan sesuai fakta data yang di dapatkan di MI At-Ta’awun, yaitu menerapkan menejemen peserta didik tidak hanya bertugas dalam pendataan peserta didik saja tetapi manajemen peserta didik juga mengelola peserta didik dalam membentuk karakter yang religius dan berjiwa nasionalisme, dengan memberikan pembiasaan secara rutin kepada peserta didik, seperti membiasakan mengaji sebelum pembelajaran di mulai dan mengadakan upacara bendera setiap pagi dihari senin. Sehingga dapat dikatakan implementasi manajemen peserta didik di MI At-Ta’awun berjalan dengan sangat baik sehingga akan menghasilkan output yang berkualitas dan memiliki karekter yang baik.


Keywords


Implementasi; Karakter; Manajemen; Peserta Didik