Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai faktor determinan perilakukannya dalam memberikan supervise instruksional. enelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan terhadap perwakilan tiga sekolah dasar di Kabupaten Minahasa Kecamatan Tondano Utara. Guru dan kepala sekolah ditetapkan sebagai informan dalam penelitian ini. Penetapan informan dalam penggalian data dari informan penelitian ini dilakukan dengan Teknik snowball sampling. Wawancara dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan gaya kepemimpinan dan supervise instruksional yang dilakukan kepala sekolah. Triangulasi lintas waktu dan metode dilakukan untuk memastikan data yang diperoleh valid dan konsisten. Wawancara dan observasi dilakukan secara random untuk mengkonformasi keabsahan data yang diperoleh. Analisis data dilakukan secara induktif naratif dengan Analisis kualitatif dilakukan dengan mengacu pada tahapan analisis data kualitatif yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman, yaitu: data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa karakteristik kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah mempengruhi hampir seluruh bidang kerja yang dilakukan kepala sekolah. Gaya kepemimpinan yang dimiliki kepala sekolah mempengaruhi berhubungan erat dengan perilakunya dalam memberikan supervisi kepada guru. Supervise adalah contoh kongkrit yang langsung menunjukkan bentuk hubungan atau interaksi yang dapat diamati dari aktivitas pelaksanaan tugas kepala sekolah yang mengindikasi gaya kepemimpinannya. Guru menginginkan kepala sekolah memahami persoalannya dengan baik, mendengarkan guru dengan seksama, dan memberi kenyaman secara psikologis dengan komunikasi yang hangat. Disarankan kepada kepala sekolah meningkatkan skill kepemimpinan untuk memahami setiap guru dan menyesuaikan gaya kepemimpinan dengan karakteristik guru. Komunikasi yang efektif menjadi kunci dalam memahami situasi guru dan membangun iklim supervise yang kondusif.


Keywords


Gaya; Instruksional; Kepala Sekolah; Kepemimpinan; Perilaku; Supervisi