RANCANG BANGUN BUCK CONVERTER SEBAGAI SUMBER TEGANGAN TERCO 7240 FAULT FINDING TRAINER BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA 8535

Yollanda Suryani -

Abstract


Tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh tidak stabilnya tegangan keluaran dari sumber DC jika dibebani. Sumber DC pada tugas akhir ini digunakan untuk peralatan Laboratorium. Ketidakstabilan tegangan ini dapat mengurangi unjuk kerja dari peralatan yang dipasang, maka diperlukan suatu pengendalian tegangan DC yang dapat menjaga kestabilan tegangan outputnya.

Pada tugas akhir ini menggunakan buck converter sebagai regulator tegangan output. Buck converter merupakan salah satu jenis switching converter yang dapat menurunkan tegangan keluarannya. Buck converterpada tugas akhir ini dirancang dengan input 48 VDC dan output 24 VDC, yang akan diaplikasikan pada Terco 7240 Fault Finding Trainer.Buck converter ini menggunakan MOSFET tipe IRFP 460 sebagai switching, mikrokontroller ATMega 8535 dengan metoda PWM sebagai pengendalinya, dan bahasa pemograman BASCOM AVR.

Pada pengujian akhir dari alat ini, rangkaian Buck Converterdapatmenjadi suplai bagiTerco 7240 Fault Finding Trainer dan perubahan tegangan output saat dibebani tidak menyebabkan perubahan yang signifikan dari tegangan output sebelum berbeban. Tegangan keluaran jika dibebani berkisar antara 23,9-24,1 Volt.

Kata kunci : Buck Converter, ATMega 8535, PWM, Terco 7240Fault Finding Trainer,      MOSFET IRFP 460


Full Text:

 Subscribers Only