RANCANG BANGUN PERALATAN KONVERTER AC-AC TIGA FASA BERBASIS ATMEGA8535

Oktasuri Yude -

Abstract


Pemanfaatan komponen elektronika daya dalam proses konversi daya telah meningkat sesuai perkembangan IPTEK, khususnya dalam proses kerja dari suatu industri. Dalam dunia industri, konverter ac-ac sangat dibutuhkan. Sumber tegangan tiga fasa yang dihasilkan dari PLN konstan, sementara di industri yang menggunakan daya ac tinggi memiliki beberapa peralatan industri yang biasanya membutuhkan pengaturan tegangan ac yang bervariasi. Untuk itu dibutuhkannya sebuah alat pengatur tegangan keluaran ac tiga fasa menggunakan komponen semikonduktor.

Tugas Akhir ini dirancang peralatan konverter ac-ac tiga fasa berbasis ATMega8535. Perancangan alat ini dimulai dengan pembuatan blok diagram yang terdiri dari tiga set rangkaian zero crossing detector, rangkaian catu daya yang menggunakan IC 7805. Didalam alat ini juga terdapat rangkaian minimum sistem ATMega8535, tiga set rangkaian optoisolator dan rangkaian dasar pengontrol tegangan yang menggunakan TRIAC yang merupakan komponen utama pada alat ini. Proses terakhir yaitu pembuatan jalur PCB untuk tata letak komponen.

Dalam pengujian Tugas Akhir ini menggunakan beban R berupa lampu pijar 40W .Namun hasil yang didapat belum sesuai dengan yang diharapkan. Pada saat diberikan tegangan 180V, tegangan yang dihasilkan sebesar 72V. Saat diberikan tegangan 228V, tegangan yang dihasilkan sebesar 75V. Tegangan bervariasi yang dihasilkan belum sesuai dengan tegangan input dan tegangan bervariasi yang dicari menggunakan rumus pada teori. Sehingga hasilnya berpengaruh terhadap gelombang keluarannya. Gelombang keluaran yang dihasilkan seharusnya sinusoidal murni, namun pada Tugas Akhir ini gelombang sinusoidalnya masih memiliki riak dan ripple.

Kata kunci :Ac-ac Konverter, ATMega 8535, TRIAC


Full Text:

 Subscribers Only