HUBUNGAN PERSEPSI PEMBELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 LINTAU BUO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan persepsi pembelajaran penggunaan alat ukur mekanik
presisi dengan hasil belajar siswa kelas XI Teknik Mesin SMK Negeri 1 Lintau Buo dengan populasi siswa kelas
XI Teknik Mesin yang telah mempelajari alat ukur mekanik presisi pada tahun 2014/2015.Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif korelasional dan teknik pengambilan sampel menggunakan
Propotional Random Sampling sebanyak 63 responden, dimana 32 responden mewakili dari kelas XI TP 1 dan 31
responden dari kelas XI TP 2. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan Skala Likert yang terdiri dari 5
pilihan jawaban.Jumlah item di dalam angket penelitian sebanyak 34 butir pernyataan.Berdasarkan hasil
penelitian dapat dikemukakan bahwa: (1) persiapan (preparation), penyampaian (presentation), latihan (practice)
dan penampilan hasil (performance) masih rendah.(2) Hasil belajar rendah.(3) Terdapat hubungan yang signifikan
antara persepsi penggunaan alat ukur jangka sorong dan mikrometer dengan hasil belajar dalam mata pelajaran
alat ukur mekanik presisi siswa kelas XI Teknik Mesin SMK Negeri1 Lintau Buo.
Kata Kunci : Persepsi, Hasil Belajar, Alat Ukur Mekanik Presisi.