HUBUNGAN MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN

RUDI EFENDI -

Abstract


Penelitian ini berawal dari observasi dan monitoring langsung penulis pada siswa kelas XII di SMK Negeri 1
Koto XI Tarusan yang sedang melaksanakan program praktik kerja indutri (Prakerin) pada tahun pelajaran
2015/2016, bahwa hasil belajar siswa masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dimana
20,55% siswa mendapatkan hasil belajar dibawah KKM. KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran
Prakerin yaitu 75 dengan rentang nilai 0 – 100. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan
motivasi dan disiplin kerja terhadap hasil belajar Prakerin siswa kelas XII di SMKN1 Koto XI Tarusan. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang berbentuk korelasional. Populasi penelitian berjumlah 146 siswa
dan sampel berjumlah 60 siswa kelas XII di SMKN1 Koto XI Tarusan tahun pelajaran 2015/106. Teknik
pengambilan sampel dilakukan secara acak. Data hasil belajar siswa diperoleh dari ketua pelaksana Prakerin. Data
motivasi dan disiplin kerja dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert kemudian diuji
dengan menghitung validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas,
dan uji multikolinearitas, sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah regresi sederhana dan analisis regresi
ganda dua prediktor dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows. Hasil analisis data penelitian menunjukan
bahwa: (1) motivasi kerja memberikan sumbangan sebesar 17% terhadap hasil belajar SMKN 1 Koto XI Tarusan
tahun pelajaran 2015/2016; (2) disiplin kerja memberikan sumbangan sebesar 18,1% terhadap hasil belajar
SMKN 1 Koto XI Tarusan tahun pelajaran 2015/2016; (3) motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama
memberikan sumbangan 21,7% terhadap hasil belajar SMKN 1 Koto XI Tarusan tahun pelajaran 2015/2016. Jadi
dapat disimpulkan bahwa motivasi dan disiplin kerja memberikan sumbangan terhadap hasil belajar. Semakin
tinggi motivasi dan disiplin siswa dalam kegiatan prakerin, maka hasil belajar akan semakin tinggi.


Kata Kunci : Motivasi Kerja Siswa, Disiplin Kerja Siswa, Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF