KONTRIBUSI MINAT KERJA DAN PENGUASAAN MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP KEBERHASILAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA KELAS XII PROGRAM TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 SOLOK

ALKADRA MASNUR -

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masalah belum maksimalnya hasil praktek kerja industri (Prakerin) siswa kelas XII jurusan
Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok pada tahun ajaran 2014/2015, dimana 6,67% siswa mendapat nilai dibawah
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada nilai Prakerin yaitu 75 dengan rentang nilai 0 –
100. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi korelasional. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar
kontribusi minat kerja dan penguasaan mata pelajaran produktif secara sendiri-sendiri maupun bersama terhadap keberhasilan
praktek kerja industri. Populasi penelitian ini berjumlah 30 orang dan sampel berjumlah 30 orang siswa kelas XII di SMK
Negeri 2 Solok. Teknik pengambilan sampel dilakukan seluruh populasi (Total Sampling). Data mengenai hasil Prakerin
siswa diperoleh dari guru koordinator Prakerin TPM. Sedangkan data minat kerja siswa dikumpulkan melalui angket yang
disebar kepada siswa dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan nilai penguasaan
mata pelajaran produktif diperoleh dari ketua jurusan TPM. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) minat kerja dan
penguasaan mata pelajaran produktif secara bersama-sama memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap
keberhasilan praktek kerja industri siswa kelas XII TPM SMK Negeri 2 Solok sebesar 42,7%, (2) minat kerja memberi
kontribusi yang kurang signifikan terhadap keberhasilan praktek kerja industri siswa kelas XII TPM SMK Negeri 2 Solok
sebesar 27,8%. (3) penguasaan mata pelajaran produktif berkontribusi kurang signifikan terhadap keberhasilan praktek kerja
industri siswa kelas XII TPM SMK Negeri 2 Solok sebesar 11,1%,. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat kerja dan
penguasaan mata pelajaran produktif cukup berkontribusi terhadap keberhasilan praktek kerja industri siswa kelas XII TPM
di SMK Negeri 2 Solok, semakin tinggi minat kerja siswa dan semakin meningkat penguasaan mata pelajaran produktif,
maka semakin tinggi keberhasilan praktek kerja industri.


Kata kunci : Minat Kerja, Penguasaan Mata Pelajaran Produktif, Keberhasilan Praktek Kerja Industri.


Full Text:

PDF