HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LAS DASAR DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

HAMZAN WADI -

Abstract


Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian korelasional adalah untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik las dasar. Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu siswa kelas XI TPM Jurusan Teknik Mesin di SMK Muhammadiyah 1 Padang sebanyak 48 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016.Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data mengunakan bantuan program Excell dan SPSS (Statistic Product Service versi 16,00.Uji coba instrument penelitian dilakukan kepada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK N 2 Payakumbuh sebanyak 30 orang siswa. Untuk menentukan validitas angket menggunakan program Excel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh pernyataan yang gugur sebanyak 11 item dari 50 item.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi rℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔≥ r𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 0,457 ≥ 0,284. Dan untuk uji keberartian koefisien korelasi didapat tℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 ≥ t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 3.167 ≥ 2,021 Pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran teknik las dasar siswa kelas XI TPM Jurusan Teknik Mesin di SMK Muhammadiyah 1 Padang.


Kata kunci : Hubungan , Kedisiplinan ,Siswa, Hasil belajar, Teknik Las Dasar


Full Text:

PDF