RANCANG BANGUN RANGKA MOBIL SISTEM PENGGERAK PEDAL

RAUDIN POHAN -

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengunggah kembali daya tarik masyarakat agar mau menggunakan sepeda sebagai
sarana transportasi khususnya di area bermain / objek wisata. Zaman modren saat ini orang lebih memilih
menggunakan kendaraan bermotor, seperti sepeda motor atau mobil untuk bepergian dibandingkan dengan sepeda
karena dianggap lebih praktis dan tidak melelahkan dalam penggunaannya. Penduduk Indonesia yang kebiasaan
berkendaraan bermotor, menyebabkan berbagai masalah mulai dari polusi udara, kemacetan, kesehatan fisik dan
gangguan mental. Kendaraan bermotor juga cukup boros dibandingkan dengan sepeda, sebab kendaraan bermotor
membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) untuk beroperasi.
Perkembangan pendidikan yang terus meningkat secara signifikan, maka terancanglah sebuah mobil sistem
penggerak pedal. Mobil ini tidak menggunakan mesin, tetapi sistem penggeraknya dikayuh. Penulis bertujuan
membuat konstruksi rangka mobil sistem penggerak pedal. Perencanaan dan pembuatan mobil sistem penggerak
pedal dimulai dari pemilihan konstruksi rangka, pemilihan bahan, proses penyambungan rangka, dan
memperhitungkan kekuatan rangka menahan beban maksimum. Analisisa yang di dapat pada rangka yaitu rangka
mampu menahan beban maksimun sebesar 3.021,48 N, Moment Inersia pada penampang besi stalbush sebesar
80mm4.


Kata Kunci : Rangka, Sistem penggerak , Pengelasan dan Reaksi tumpuan


Full Text:

PDF