MODEL PERAWATAN PREVENTIF SISTEM PMC (PREVENTIVE MAINTENANCE CONTROL) PADA MESIN PERKAKAS PEMESINAN DI WORKSHOP TEKNIK PEMESINAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

HEFRI HAMID -

Abstract


Pemakaian mesin dalam kondisi yang relatif lama akan mengakibatkan kemampuan mesin akan menurun. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut maka diperlukan perawatan pencegahan (Preventive maintenance). Perawatan pencegahan adalah usaha yang dilakukan untuk mencegah sejak dini terjadinya kerusakan-kerusakan yang tiba-tiba. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perawatan preventif sistem PMC pada Mesin Perkakas Pemesinan di Workshop Teknik Pemesinan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.
Penelitian ini adalah penelitian survey terhadap Mesin Perkakas Pemesinan, yakni membuat Model Perawatan dengan Sistem PMC pada Mesin Perkakas Pemesinan. Pengambilan data dimulai dengan membuat denah tata letak Mesin, seperti: mendata dan memberi kode atau simbol jenis Mesin pada denah tata letak Mesin. Mendata dan memberi kode atau simbol menurut tipe dan jenis Mesin, mendata jumlah Mesin menurut jenis dan tipe Mesin, membuat atau memberi nomor tiap jumlah Mesin. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat nomor Komponen utama, menulis nama Komponen Part, mencantumkan tindakan perawatan yaitu: pemeriksaan, pembersihan, pelumasan, penguncian, penyetelan dan pengantian komponen habis masa pakai, menentukan jadwal durasi waktu, alat dan bahan yang digunakan.
Hasil dari penelitian berupa tabel model perawatan preventif dengan sistem PMC yang dapat dijadikan sebagai buku pedoman atau panduan dalam melakukan perawatan preventif pada Mesin Perkakas Pemesinan di Workshop Teknik Pemesinan FT UNP. Mesin Perkakas yang akan dibuat model perawatan dengan sistem PMC antara lain Mesin-mesin Perkakas yang ada di Workshop Teknik Pemesinan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang, yakni: Mesin Bubut, Mesin Frais, Mesin Sekrap, Mesin Bor, dan Mesin Gerinda. Sehingga dengan adanya model perawatan, petugas perawatan tidak lalai lagi dalam melakukan perawatan Mesin Perkakas Pemesinan dan dapat dijadikan panduan atau buku manual perawatan.
Kata kunci : Perawatan Mesin, Preventive Maintenance Control, Mesin perkakas pemesinan.


Full Text:

PDF