ANALISA PENGARUH PERLAKUAN PANAS NORMALIZING PADA SAMBUNGAN LAS BAJA KARBON SEDANG TERHADAP SIFAT MEKANIK SERTA STRUKTUR MIKRO

AZHAR MUSLEM -

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan bahan baja karbon sedang yang mengandung kadar karbon 0,38-0,45 % C. Dimulai dengan membuat spesimen sesuai dengan standar alat pengujian kekerasan, pengujian tarik, dan pengujian struktur mikro. Dengan pengambilan 3 kelompok spesimen, yaitu kelompok spesimen tanpa perlakuan, spesimen yang dilas dan akan dinormalizing, dan spesimen yang dilas dan normalizing.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka didapat nilai rata-rata kekerasan baja karbon sedang tanpa perlakuan sebesar 212,33 BHN, pada spesimen yang dilas dan akan dinormalizing diperoleh nilai kekerasan pada jalur las sebesar 207,33 BHN, daerah HAZ sebesar 230,67 BHN, daerah Logam Dasar sebesar 234,83 BHN. pada spesimen yang dilas dan dinormalizing diperoleh nilai kekerasan pada jalur las sebesar 185,5 BHN, daerah HAZ sebesar 186,5 BHN, daerah Logam Dasar sebesar 194 BHN. Nilai rata-rata tegangan spesimen kontrol 625,81 N/mm², spesimen yang dilas 605 N/mm², dan spesimen yang telah dilas dan normalizing sebesar 548,81 N/mm. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses perlakuan panas normalizing dapat menurunkan kekerasan dan kekuatan baja karbon sedang serta merubah struktur mikronya.
Kata Kunci : Sifat Mekanik, Struktur Mikro, Baja Karbon Sedang, Perlakuan Panas Normalizing.

Full Text:

 Subscribers Only