HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT GAMBAR MESIN DI KELAS XI DAN XII JURUSAN TEKNIKA KAPAL NIAGA SMK NEGERI 10 PADANG

NAZIRUKHAIR NAZIRUKHAIR -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar
dengan hasil belajar siswa pada mata diklat gambar mesin di kelas XI dan XII Jurusan Teknika Kapal
Niaga SMK Negeri 10 Padang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu kebiasaan belajar
siswa sebagai variabel X dan hasil belajar gambar mesin sebagai variabel Y. Penelitian ini bersifat
kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII. Pengumpulan
data dari responden di lakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data mengunakan bantuan
program Excell dan SPSS (Statistic Product Service Solution) versi 17.0. Uji coba instrumen
dilakukan terhadap siswa di luar sampel berjumlah 16 orang, untuk menentukan validitas angket
digunakan rumus Product Moment dengan taraf signifikansi 5% diperoleh pernyataan tidak valid 11
item, yaitu item pernyataan nomor 2,5,6,9,11,15,18,20,24,42, dan 43. dan untuk menentukan
reliabilitas instrumen digunakan aplikasi SPSS 17.0 yaitu dengan melihat nilai Alpha Cronbbach
dengan ketentuan apabila rhitung > rtabel berarti item reliable dan begitu sebaliknya. Pada penelitian ini
diperoleh harga rhitung 0,951 dengan rtabel = 0,497 untuk n=16 siswa artinya instrumen penelitian sangat
reliabel. Hasil penelitian diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,61 dimana harga rtabel = 0,349
karena rtabel < rhitung maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
kebiasaan belajar siswa dengan hasil belajar gambar mesin di kelas XI dan XII SMK Negeri 10
Padang. Dengan kategori interpretasi koefisien korelasi kuat.
Kata Kunci : Hubungan, kebiasaan belajar, hasil belajar, gambar mesin dan signifikan.

Full Text:

 Subscribers Only