HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 TANJUNG RAYA

SORI HUTASUHUT -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana hubungan minat belajar dengan hasil belajar pada mata diklat gambar teknik kelas X jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Tanjung Raya . Melihat gejala tersebut maka dapat hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar mata diklat gambar teknik. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Tanjung Raya yaitu 59 orang siswa. Dalam penelitian ini telah diperoleh gambaran tentang hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata diklat gambar. Minat belajar berada pada kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat melalui deskripsi data kuisioner yang disebarkan kepada 59 responden, dimana skor rata-rata yang diperoleh adalah 126,29 sedangkan skor tengah diperoleh sebesar 124. Hasil belajar mata diklat gambar teknik termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat dari deskripsi data 59 responden yang diperoleh dari nilai rapor pada semester I, dimana skor rata-rata yang diperoleh adalah 80,29 sedangkan skor tengah diperoleh sebesar 8,00. Dalam penelitian ini diperoleh harga koefesien korelasi antara hubungan minat belajar dengan hasil belajar mata diklat teknik gambar di SMK Negeri 1 Tanjung Raya sebesar 0,620 dan nilai koefisien determinan sebesar 0,384 dari banyaknya faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal ini berarti minat belajar siswa berhubungan sebesar 38,4% dengan hasil belajar mata diklat gambar teknik setelah melakukan uji korelasi signifikansi pada taraf 95%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar mata diklat gambar teknik siswa kelas X jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Tanjung Raya.

Kata Kunci : (Minat Belajar, Proses Belajar, Hasil Belajar)


Full Text:

 Subscribers Only