HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN LAS LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 TILATANG KAMANG

FADHIL FEBRIAN -

Abstract


Negara sedang mengalami persaingan yang luar biasa, salah satunya dalam bidang pendidikan. Untuk itu, pemerintah memprioritaskan pemberdayaan dan perkembangan sumber daya yang berkualitas dengan meningkatkan mutu pendidikan. Namun masih banyak sekolah yang menghasilkan lulusan yang kurang berkualitas. Banyak faktor yang mempengaruhi belajar siswa, salah satunya adalah lingkungan belajar. Dari hasil pengamatan dalam kegiatan PPLK di SMK Negeri 1 Tilatang Kamang, dalam 1 tahun terakhir nilai mata pelajaran las litrik kelas X belum mencapai tujuan yang diharapkan (rata-rata kelas di bawah 7). Padahal para guru sudah berusaha semaksimal mungkin dan fasilitas untuk praktik juga mendukung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran las listrik siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Tilatang Kamang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK N 1 Tilatang Kamang Teknik Kendaraan Ringan yang berjumlah 60 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling, sehingga jumlah sampel 60 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket. Variabel lingkungan belajar menggunakan skalaLikert. Analisis data univariat dan bivariat menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh t hitung > t tabel (2,253 > 2,002) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran las listrik kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Tilatang Kamang.

Kata kunci : (Hubungan, lingkungan belajar, hasil belajar, las listrik)


Full Text:

 Subscribers Only