KREATIVITAS DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR (STUDI KORELASI SISWA KELAS XI DI SMK N 1 PADANG

ANGGI PRADITA -

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berhubungan rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kreativitas dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di SMK N 1 Padang.Jenis penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian siswa kelas XI Teknik Pemesinan yang berjumlah 96 siswa di SMK N 1 Padang. Sampel menggunakan teknik Random Sampling di mana sampel yang diperoleh sebanyak 49 siswa.Hasil analisis data pada hipotesis pertama adalah “Terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas (X1) dengan hasil belajar (Y) mata pelajaran gambar mesin Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang” nilai t hitung > t tabel (2,859>1,678).diperoleh untuk t tabel sebesar 1,678.Dapat disimpulkan bahwaterdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar mata pelajaran gambar mesin siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK N 1 Padang.Hipotesis kedua dalam penelitian ini adalah “Terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) mata pelajaran gambar mesin Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang”.nilai t hitung > t tabel (3,634>1,678) dimana t tabel diperoleh pada α = 5 % dengandiperoleh untuk t tabel sebesar 1,678.Dapat disimpulkan bahwaterdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran gambar mesin siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK N 1 Padang.

Kata Kunci :Kreativitas, Gaya Belajar, Hasil Belajar, Gambar Mesin


Full Text:

 Subscribers Only