ANALISIS PAPAN PARTIKEL BERBAHAN BAKU AMPAS TEBU TERHADAP KEKUATAN TARIK DENGAN MENGGUNAKAN PEREKAT TEPUNG TAPIOKA

Alimin Sihombing -

Abstract


Perkembangan teknologi bahan mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik bahan logam maupun non logam. Bahan non logam yang banyak dilirik orang saat ini adalah komposit. Salah satu tanaman yang mengandung bahan lignoselulosa yaitu tanaman tebu merupakan bahan baku potensial pembuatan papan partikel (komposit). Ampas tebu tersebut dilakukan pengembangan proses teknologi sehingga terjadi diversifikasi pemanfaatan limbah pertanian menjadi bahan rekayasa papan partikel (komposit).
Penelitian ini menggunakan perekat tepung tapioka dan sebagai pengisinya ampas tebu. Dengan variasi perbandingan komposisi antara partikel ampas tebu dan perekat tapioka, 90% - 10 %, 80% - 20%, 70%-30%,60%-40%. Pengujian yang dilakukan untuk mengetahui sifat mekanis papan partikel
ini adalah untuk mendapatkan nilai Tegangan Tarik, Regangan dan Modulus Elastisitas. Dari pengujian tarik yang telah dilakukan diperoleh hasil pengujian tertinggi yaitu Tegangan 0.4MPa, dan Elastisitas 0.043GPa. pada variasi perbandingan 60% ampas tebu dan 40% tepung tapioka.

Kata kunci : Ampas Tebu, Tepung Tapioka, Kekuatan Tarik.


Full Text:

 Subscribers Only