Persepsi Siswa Tentang Job Sheet Sebagai Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Praktek Las Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan (Studi Korelasi SMK Negeri 2 Solok 2014)

Muhammad Riza -

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adakah hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Job sheet Sebagai Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Praktek Las Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan ( Studi Korelasi SMK Negeri 2 Solok 2014). Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 95 orang siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok. Sampel berjumlah 50 orang siswa yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Alat pengumpulan data ini adalah angket model skala Likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dari 50 item pernyataan yang di ujicobakan kepada 30 orang siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Solok. 20 item pernyataan dinyatakan tidak valid dan 30 item pernyataan dinyatakan valid. Hasil uji coba angket ditemukan angka validitas adalah = 0,361 dan reliabilitasnya adalah = 0.923. Pengambilan data penelitian ini sesuai dengan sampel sebanyak 50 orang siswa. Hasil analisis data penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel ( > 0,279) setelah dibandingkan dengan nilai pearson product moment (PPM) dan untuk uji keberartian korelasi menggunakan uji t didapat  t hitung > t tabel ( > 2,021) dan signifikan 5%. Menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian  kesimpulan penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan yang positif antara Persepsi Siswa Tentang Job Sheet Dengan Hasil Belajar Praktek Las Siswa SMK Negeri 2 Solok.

Kata kunci : Persepsi Siswa ,Job Sheet, Media Pembelajaran dan Hasil Belajar.


Full Text:

 Subscribers Only