KONTRIBUSI INTERAKSI GURU DENGAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 PADANG

Fidel Utama -

Abstract


Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah terdapat perbedaan interaksi edukatif guru mata diklat gambar teknik kelas x jurusan teknik mesin di SMK Negeri 1 Padang dan hasil belajar yang didapat oleh siswa juga berbeda. Melihat gejala tersebut dirumuskan masalah penelitian ini yaitu seberapa besar kontribusi interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar mata diklat gambar teknik kelas x jurusan teknik mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah kontribusi yang signifikanantara interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar mata diklat gambar teknik kelas x jurusan teknik mesin di SMK Negeri 1 Padang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi atau perbandingan berbagai variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas x jurusan teknik mesin SMK Negeri 1 Padang pada tahun ajaran 2014/2015, sehingga didapat jumlah sampel yang diteliti sebanyak 50 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan angket kepada responden. Hasil penelitian diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,178 dimana dikonsultasikan dengan tabel interpretasi koefisien nilai r disimpulkan bahwa keeratan hubungan dua variabel yang diteliti adalah memiliki hubungan yang sangat rendah. Berdasarkan nilai koefisien determinan interaksi guru dengan siswa hanya menyumbangkan 3,2% dari banyaknya faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar.

Kata kunci : (interaksi, kontribusi, gambar, siswa, diklat)


Full Text:

 Subscribers Only