PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH CAD BASIS DATA DAN TEKNIK DI JURUSAN MESIN FT UNP

Muhammad Fadli -

Abstract


Penelitian ini adalah berawal dari masalah banyaknya mahasiswa yang belumtuntas atau tidak mencapai hasil belajar yang memuaskan pada mata kuliah CadBasis Data dan Teknik. Jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan kelas.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil matakuliah CAD basis data dan teknik dengan kode Mes 056 yang berjumlah 17 orang.Penilitian ini untuk melihat peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajardengan menggunakan metode latihan terbimbing. Hasil penilitian menunjukkanbahwa dengan Penerapan metode latihan terbimbing pada mata kuliah cad basisdata dan teknik dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa . hal ini dapat dilihatdari peningaktan rata-rata mahasiswa per siklus yaitu pra siklus (3,70), pada akhirsiklus 1 terjadi peningkatan menjadi 4,54 (sangat tinggi) dan akhir siklus 2 terjadisedikit peningkatan menjadi 4,57 (sangat tinggi) dan terjadi peningkatan motivasibelajar 22% pada siklus 1 dan 23% pada siklus 2. Penerapan metode latihanterbimbing dapat meningkatkan aktifitas belajar mahasiswa pada mata kuliahCAD basis data dan teknik. Hal ini dilihat dari data yang diperoleh yaitumahasiswa dari siklus 1 peningkatan terjadi yaitu dari 67% menjadi 83% padasiklus 2. Penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajarmahasiswa pada mata kuliah cad basis data dan teknik. Hal ini dilihat daripeningkatan rata-rata mahasiswa dari nilai awal sebesar 54 setelah dilakukanpenerapan metode latihan terbimbing terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswamenjadi rata-rata hasil belajar mahasiswa 76 pada siklus 1 kemudia 85 pada rataratahasil belajar pada siklus 2.

Kata Kunci: Metode Latihan Terbimbing, Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar


Full Text:

 Subscribers Only