HUBUNGAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK OTOMOTIF SEPEDA MOTOR (TOSM) DALAM MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK N 1 KOTO XI TARUSAN

Munandar Basuki -

Abstract


Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan hasil
belajar siswa tergolong rendah atau di bawah kompetensi dan tidak merata.
Rendahnya hasil belajar siswa dapat di lihat dari rata-rata tes formatif siswa di SMK
Negeri 1 Koto XI Tarusan. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional, dengan
tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y)
serta bentuk hubungan yang terjadi, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan motivasi belajar (X) dan sebagai variabel bebas terhadap hasil belajar (Y)
siswa pada mata diklat Gambar Teknik di SMK N 1 Koto XI Tarusan. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TOSM SMK N 1 Tarusan yang sekaligus
menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji
korelasi sederhana. Dari hasil penelitian terlihat bahwa motivasi belajar siswa dalam
mata diklat gambar teknik siswa kelas X TOSM SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan
memberikan kontribusi terhadap hasil belajarnya yakni sebesar 15%. Dapat dikatakan
bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka hasil belajar yang diperoleh akan
semakin baik, begitu juga sebaliknya jika semakin rendah motivasi belajar siswa
maka hasil belajar juga akan rendah.
Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Full Text:

 Subscribers Only