KONTRIBUSI CARA BELAJAR DAN FASILITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PERKAKAS TANGAN SISWA TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

Syukri Armando -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Kontribusi Cara Belajar dan Fasilitas Terhadap Hasil Belajar Mata
Diklat Perkakas Tangan Siswa Teknik Mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) cara
belajar berhubungan dengan hasil belajar, (2) fasilitas belajar berhubungan dengan hasil belajar, (3) cara belajar
dan fasilitas secara bersama-sama berhubungan dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini digolongkan pada
penelitian korelasional yang bersifat deskriptif, dengan populasi adalah siswa kelas X jurusan teknik mesin SMK
Negeri 1 Bukittinggi. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa. Analisis yang
digunakan adalah analisis korelasi produk momen untuk melihat hubungan antara variabel bebas dan variabel
terikat. Selanjutnya menentukan kontribusi melalui pengolahan dengan analisis koefisien determinan.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Terdapat hubungan cara belajar dengan hasil belajar sebesar 29,8%
yang mengartikan cara belajar dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan hasil belajar siswa, Terdapat
hubungan fasilitas belajar dengan hasil belajar sebesar 26,6% yang mengartikan fasilitas belajar dapat
memberikan kontribusi dalam peningkatan hasil belajar siswa, Terdapat hubungan cara belajar dan fasilitas secara
bersama-sama dengan hasil belajar sebesar 34,6% yang mengartikan cara belajar dan fasilitas dapat memberikan
kontribusi dalam peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci : (Cara Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar)

Full Text:

 Subscribers Only