HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MENJELASKAN DASAR KEKUATAN BAHAN DAN KOMPONEN MESIN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

Rusiyadi Rusiyadi -

Abstract


hasil belajar siswa. Karena kinerja guru merupakan suatu variabel yang dipercaya bisa mempengaruhi
hasil belajar siswa, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kinerja Guru dengan Hasil
Belajar pada mata diklat Menjelaskan Dasar Kekuatan Bahan dan Komponen Mesin (MDKBDKM)
Siswa Kelas X Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Bukittinggi.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian terdiri dari 116 siswa di
Jurusan Teknik Mesin Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinggi dalam Semester II Tahun Ajaran 2013/2014.
Sampel berjumlah 54 siswa yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengambilan
data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket (kuesioner) model skala Likert yang setelah di uji,
ditemukan angka validitasnya adalah = 0,279 dan reliabilitas = 0,935.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara kinerja guru dengan hasil belajar MDKBDKM siswa dengan koefisien korelasi rhitung =
0,548. Untuk itu disarankan ke pada pihak terkait untuk senantiasa meningkatkan kinerja guru karena
ditemukan hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja guru dan hasil belajar siswa di mata
pelajaran MDKBDKM tersebut.
Kata kunci: Kinerja Guru.

Full Text:

 Subscribers Only