KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK MESIN ANGKATAN 2012 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Panggi Pangga -

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengungkap seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Teknik Mesin Angkatan 2012 Fakultas Teknik Universitas Negeri padang. Rendahnya prestasi belajar mahasiwa yang terlihat dari rendahnya Indeks Prestasi yang berada dibawah rata-rata yang dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2012 Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi penelitian adalah mahasiswa angkatan 2012 yang berjumlah sebanyak 109 mahasiswa, sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling didapatkan sampel sebanyak 53 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket berpedoman pada skala likert. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat kecenderungan kecerdasan emosional mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2012 Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang temasuk kategori cukup dengan tingkat capaian 64.5%, 2) tingkat prestasi belajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2012 Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan tingkat capaian 84.21% termasuk kategori baik, 3) variabel kecerdasan emosional memberikan sumbangan sebesar 30.2% terhadap prestasi belajar mahasiswa sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, Kecerdasan Emosional

Full Text:

 Subscribers Only