HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN PADA MATA PELAJARAN MESIN OPERASI DASAR DI SMK NEGERI 2 SAWAHLUNTO

Vepi Sutri -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang
signifikan antaraCara Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa kelas X Program
Keahlian TeknikPemesinan diSMK Negeri 2 Sawahlunto. Dalam penelitian ini
terdapat dua variabel yaitu cara belajar siswa sebagai variabel X, dan hasil belejar
siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expostfacto
yang mengkaji faktor-faktor yang telah terjadi yang diperkirakan dapat
dijadikan sebagai penyebab dari keadaan yang sekarang, kemudian mencoba
menyelidiki dan menganalisa faktor-faktor tersebut. Faktor-faktor dikaji untuk
melihat hubungan variabel bebas dengan variabel terikat.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2Sawahlunto. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan
SMK Negeri 2Sawahlunto tahun ajaran 2012/2013 yaitu terdiri dari 2 kelas
dengan jumlah seluruh siswa 61 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan
angket dan daftar nilai hasil belajar siswa kelas X program keahlian teknik
pemesinan pada mata pelajaran Mesin Operasi dasar . Uji coba instrumen
dilakukan kepada 30 orang siswa yang mempunyai karakteristik yang sama
dengan populasi penelitian yaitu kelas XI program keahlian teknik pemesinan di
SMK Negeri 2 Sawahlunto. Pada penelitian ini untuk melihat validitas dan
reliabilitas istrumen dianalisis dengan bantuan program SPSS versi 16.00
Dari hasil perhitungan analisis korelasi sederhana (r) didapat korelasi
antara cara belajar dengan hasil belajar adalah 0,756. Harga rtabel = 0,254 dengan
taraf signifikan 5%, jadi harga rhitung > rtabel,maka Ha diterima. Hal tersebut
menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara cara belajar siswa dengan
hasil belajar mata pelajaran Mesin Operasi Dasar siswa kelas X Program Keahlian
Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 sawahlunto.

Full Text:

 Subscribers Only