UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENTS HAVE (QSH) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LAS DASAR SISWA KELAS X 1M3 SMK

Fandry Jauhari -

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah untuk meningkatkan aktivitas
belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Pembelajaran Aktif
Tipe Question Students Have (QSH) pada mata pelajaran Teknik Las Dasar siswa
kelas X 1M3 SMK Negeri 5 Padang. Data penelitian menggunakan lembar
observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus dan
pemberian tes untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar
siswa. Dimana Aktivitas positif siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I
sebesar 64,9% kategori tinggi dan aktivitas negatifnya sebesar 22,6% kategori
rendah. Pada siklus II aktivitas positif siswa sebesar 73,9% kategori tinggi dan
aktivitas negatifnya sebesar 14,5% kategori sangat rendah. Penelitian ini
menunjukan peningkatan aktivitas positif 9% sedangkan untuk aktivitas
negatifnya menurun sebesar 8,1%. Pada siklus III aktivitas positif siswa 85,6%
kategori sangat tinggi dan aktivitas negatifnya sebesar 9,9% kategori sangat
rendah. Aktivitas positif siswa meningkat sebesar 11,7% dibandingkan siklus II
sedangkan aktivitas negatifnya menurun sebesar 4,6%. Peningkatan aktivitas
belajar siswa ini memberikan pengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar
siswa. Pada siklus I, 16 orang siswa sudah mencapai ketuntasan dengan persentase
57,1%, siklus II berjumlah 21 orang dengan persentase 70% dan pada siklus III
berjumlah 25 orang siswa dengan persentase 83,3%.
Kata Kunci: Aktifitas belajar, hasil belajar, Metode Pembelajaran Aktif Tipe
Question Students Have (QSH,

Full Text:

 Subscribers Only