HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJARGAMBAR TEKNIK DASAR DI SMK N 5 PADANG
Abstract
Gambar teknik dasar tersebut digunakan sebagai alat untuk menentukan pola atau
bentuk suatu produk/mesin yang akan dibuat. Gambar teknik dasar juga digunakan sebagai
alat untuk merencanakan produk, bagaimana cara mengerjakannya, bagaimana suaian,
toleransi linier, toleransi geometrik dan tanda pengerjaan, semuanya memerlukan
pengetahuan gambar teknik dasar. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah
Apakah Terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar
pada mata diklat gambar teknik siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sumber data adalah
siswa pada mata pelajarangambar teknik dasarkelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5
Padang.Penetapan sampel secararandomsamplingadalah48 orang.Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah angket dan tes mata pelajaran yang disebarkan kepada responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat pencapaian respondenpada variabel
Kebiasaan Belajar di Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang dan
pengklasifikasian kategori tingkat pencapaian, dapat diketahui rata-rata tingkat pencapaian
skor Kebiasaan Belajar adalah sebesar 68.58% dan masuk kedalam kategori cukup .
Kebiasaan belajar (X) dengan hasil belajar siswa (Y) berkorelasi positif secara signifikan
pada taraf kepercayaan 95% sebesar 0,644. Hal ini berarti semakin baik kebiasaan belajar,
maka Hasil Belajar cenderung meningkat. Dengan demikian H1 yang menyatakan bahwa
terdapat hubungan Kebiasaan Belajar dengan hasil belajar siswa pada matapelajaran gambar
Teknik Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang diterima.
.
Kata kunci: hubungan, kebiasaan belajar, hasil belaja
bentuk suatu produk/mesin yang akan dibuat. Gambar teknik dasar juga digunakan sebagai
alat untuk merencanakan produk, bagaimana cara mengerjakannya, bagaimana suaian,
toleransi linier, toleransi geometrik dan tanda pengerjaan, semuanya memerlukan
pengetahuan gambar teknik dasar. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah
Apakah Terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar
pada mata diklat gambar teknik siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Sumber data adalah
siswa pada mata pelajarangambar teknik dasarkelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5
Padang.Penetapan sampel secararandomsamplingadalah48 orang.Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah angket dan tes mata pelajaran yang disebarkan kepada responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat pencapaian respondenpada variabel
Kebiasaan Belajar di Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang dan
pengklasifikasian kategori tingkat pencapaian, dapat diketahui rata-rata tingkat pencapaian
skor Kebiasaan Belajar adalah sebesar 68.58% dan masuk kedalam kategori cukup .
Kebiasaan belajar (X) dengan hasil belajar siswa (Y) berkorelasi positif secara signifikan
pada taraf kepercayaan 95% sebesar 0,644. Hal ini berarti semakin baik kebiasaan belajar,
maka Hasil Belajar cenderung meningkat. Dengan demikian H1 yang menyatakan bahwa
terdapat hubungan Kebiasaan Belajar dengan hasil belajar siswa pada matapelajaran gambar
Teknik Kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 5 Padang diterima.
.
Kata kunci: hubungan, kebiasaan belajar, hasil belaja