PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH CAD BASIS DATA DAN TEKNIK DI JURUSAN MESIN FT UNP

M Fadli -

Abstract


Penelitian ini adalah berawal dari masalah banyaknya mahasiswa yang belum
tuntas atau tidak mencapai hasil belajar yang memuaskan pada mata kuliah Cad
Basis Data dan Teknik. Jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan kelas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata
kuliah CAD basis data dan teknik dengan kode Mes 056 yang berjumlah 17 orang.
Penilitian ini untuk melihat peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar
dengan menggunakan metode latihan terbimbing. Hasil penilitian menunjukkan
bahwa dengan Penerapan metode latihan terbimbing pada mata kuliah cad basis
data dan teknik dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa . hal ini dapat dilihat
dari peningaktan rata-rata mahasiswa per siklus yaitu pra siklus (3,70), pada akhir
siklus 1 terjadi peningkatan menjadi 4,54 (sangat tinggi) dan akhir siklus 2 terjadi
sedikit peningkatan menjadi 4,57 (sangat tinggi) dan terjadi peningkatan motivasi
belajar 22% pada siklus 1 dan 23% pada siklus 2. Penerapan metode latihan
terbimbing dapat meningkatkan aktifitas belajar mahasiswa pada mata kuliah
CAD basis data dan teknik. Hal ini dilihat dari data yang diperoleh yaitu
mahasiswa dari siklus 1 peningkatan terjadi yaitu dari 67% menjadi 83% pada
siklus 2. Penerapan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar
mahasiswa pada mata kuliah cad basis data dan teknik. Hal ini dilihat dari
peningkatan rata-rata mahasiswa dari nilai awal sebesar 54 setelah dilakukan
penerapan metode latihan terbimbing terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa
menjadi rata-rata hasil belajar mahasiswa 76 pada siklus 1 kemudia 85 pada ratarata
hasil belajar pada siklus 2.
Kata Kunci: Metode Latihan Terbimbing, Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar

Full Text:

 Subscribers Only