HUBUNGAN SUASANA BELAJAR DALAM KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN LAS LISTRIK DASAR PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH

Harianto Harianto -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara suasana belajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa. Metodologi penelitian ini kuantitatif dengan metode koresional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian teknik pengelasan tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 72 orang di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling, Sampel penelitian 42 orang. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket yang telah di uji validitas dan realibilitasnya, kemudian mencatat hasil belajar siswa. Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara suasana belajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran las listrik dasar pada program keahlian teknik pengelasan di SMK Negeri 2 Payakumbuh, hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,352 dan dilihat pada Tabel r pada lampiran 10 sebesar 0,304. Karena r hitung > dari r tabel yaitu 0.352 > 0.304, dan dapat dinyatakan memiliki hubungan pada taraf kepercayaan 95%.
Kata kunci: hubungan, suasana belajar, hasil belajar

Full Text:

 Subscribers Only