HUBUNGAN FASILITAS PAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN KELAS XI TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 PADANG

Try Putra -

Abstract


Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas praktikum dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemesinan di SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini tergolong pada jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah siswa yang terdaftar pada semester 3, tahun ajaran Juli-Desember 2012/2013 Jurusan Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Padang dengan jumlah populasi 50 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian, instrument penelitian yang digunakan berupa angket (kuesioner) yang disususun dalam bentuk Skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data dan deskripsi data maka diperoleh hasil penelitian 1) fasilitas praktikum di SMK Negeri 1 Padang berkategori cukup lengkap yaitu 46% (23 responden), 2) hasil belajar mata pelajaran pemesinan frekwensi terbanyak pada nilai 80.00 yaitu 52% (26 responden), 3) terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas praktikum dengan hasil belajar pada mata pelajaran pemesinan. Fasilitas praktikum memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar. Kemudian berdasarkan analisa koefisien determinasi diperoleh bahwa fasilitas praktikum memberikan pengaruh sebesar 21,06% terhadap hasil belajar praktikum pemesinan, selebihnya sebanyak 78,94% disebabkan oleh faktor lain.
Kata Kunci : Fasilitas Praktikum, Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemesinan

Full Text:

 Subscribers Only