HUBUNGAN FASILITAS BENGKEL DAN KREATIFITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGELASAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Afwin Fiyedi -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fasilitas bengkel dan kreativitas belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pengelasan siswa kelas XI Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Pariaman. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 34 siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket model skala Likert yang telah di uji validitas realibilitasnya, kemudian mencatat hasil belajar siswa. Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara statistik dengan bantuan computer program SPSS versi 15.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: terdapat hubungan antara fasilitas bengkel dan kreativitas belajar dengan hasil belajar teknik pengelasan siswa kelas XI Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Pariaman. Hal ini dapat dilihat pada koefisien korelasi sebesar 0,524 dan juga dapat dilihat pada Tabel r pada lampiran 8 sebesar 0,339. Karena r hitung > dari r tabel , maka terdapatnya hubungan yang signifikan dan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Besar hubungannya adalah 27,45%. Artinya fasilitas bengkel dan kreativitas belajar dapat memberikan hubungan yang berarti dalam peningkatan hasil belajar siswa. Semakin lengkap fasilitas bengkel dan semakin baik kreativitas belajar maka semakin baik pula hasil belajar siswa.
Kata kunci: fasilitas bengkel, kreatifitas belajar, hasil belajar

Full Text:

 Subscribers Only