PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN PEMBELAJARANKONVENSIONAL PADA MATA DIKLAT TEORI LAS BUSUR LISTRIK DI SMKN 2 PAYAKUMBUH

Meggi Febrianto -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar mata diklat teori las listrik yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note taking dengan metode Pembelajaran Konvensional siswa kelas X T.Las SMKN 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimendengan rancangan penelitian “Randomized Control Group Only Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X T.Las di SMK N 2 Payakumbuh yang terdaftar Tahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling (secara acak),kelas yang terpilih adalah kelas X T.Las 2sebagai kelas eksperimen dan kelas X T.Las 1 sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah tes.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar las listrik siswa jika dibandingkan dengan metode Pembelajaran Konvensional.
Kata kunci: Perbandingan, Strategi Guided Note Taking, Konvensional

Full Text:

 Subscribers Only