HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG

Gulzamra Gulzamra -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Negeri 1 lembah Melintang Pasaman Barat tahun ajaran 2010/2011.Penelitian ini adalah penelitian deskriftip korelasional. Sampel penelitian yang digunakan untuk data hubungan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat total sampling yaitu semua siswa kelas X teknik Mesin.Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa kelas X program keahlian teknik mesin SMK Negeri 1 Lembah Melintang Pasaman Barat dimana r hitung (0,514)< r tabel(0,320) dan uji t diperoleh r hitung (3,597) < r tabel(1,684) pada taraf signifikan α=0,05 n=38 dari analisis regresi tunggal sederhana dengan persamaan (Y=55,162 + 0,139X) bila dilihat dari koefisien regresi sederhana yang berharga positif (b=0,139) maka hubungan fungsionalnya juga positif.
Kata kunci: Hubungan, Pemanfaatan Perpustakaan, Sumber Belajar

Full Text:

 Subscribers Only