UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA DIKLAT KERJA BANGKU SISWA KELAS X TEKNIK MESIN SMK N 2 BATUSANGKAR

Muharnis Hidayat -

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
menggunakan pembelajaran kontekstual (Contextual Learning ) pada mata diklat
kerja bangku siswa kelas X di SMK N Batusangkar. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK
N Batusangkar dengan jumlah siswa 24 orang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode pendekatan pembelajaran kotekstual(learning
contekstual), yaitu menyagktukan materi pelajaran dengan kehidupan nyata siswa.
Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat Kerja
Bangku di SMKN 2 Batusangkar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan metode pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas X Teknik Mesin
SMKN 2 Batusangkar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah melihat
hasil dari penelitian ini maka disarankan para tenaga pendidik khususnya di
sekolah kejuruan teknik dapat menerapkan metode pembelajaran CTL ini pada
mata diklat produktif lainnya.
Kata Kunci: Meningkatkan, Hasil Belajar, Siswa, Pembelajaran Kontekstual,
Kerja Bangku

Full Text:

 Subscribers Only