HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN AKADEMIK PADA MAHASISWA KAMPUS V UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Adrian Adrian - Universitas Negeri Padang
Mudjiran Mudjiran - Universitas Negeri Padang

Abstract


The relationship between self-concept and discipline among student of Padang State University Campus V. This study aims to determine be relationship between self-concept determine the relationship between self-concept and discipline among students of Padang State University V Campus. The method used is the quantiatative correlation. This study uses s reasoned random sampling data correlation technique. Population and this research is a student of campus V, Padang State University. The number of samples in this study was 95 people. The measuring instrument used in this study was William H. Fitts and Marcals self-concept scale. The results of this study indicate the correlation coefficient r =0,557, p 000 (p <0,01. Which shows yhat there is very significant positive correlation between self-concept and discipline among campus V student.From Padang State University.

Hubungan konsep diri dengan disiplin akademik pada mahasiswa kampus V Universitas Negeri Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan disiplin pada mahasiswa kampus V Universitas Negeri Padang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kampus V Universitas Negeri Padang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang. Alat ukur yang di gunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri dari William H. Fitts dan Marcal. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r = 0,557, p= 0,000 (p< 0,01), yang memperhatikan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan disiplin pada mahasiswa kampus V Universitas Negeri Padang.


Keywords


Self-concept; dicipline; student

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i4.7974