PERBEDAAN LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA OJEK ONLINE (GO-JEK) DITINJAU DARI JENIS KELAMIN

Khairun Nisa - Universitas Negeri Padang
Suci Nio - Universitas Negeri Padang

Abstract


Difference of costumer loyalty on user ojek online (go-jek) reviewed from gender. The purpose of this research is to know about the difference in costumer loyalty on service user ojek online (Go-Jek) reviewed from gender. The design of this study is a quantitative comparative research, with the study population, namely of the user ojek online (Go-Jek) of the city of Bukittinggi. The study sample amounted with subject are 100 user ojek online that taken by purposive sampling. Data Collection is done by using scale of costumer loyalty totaling 25 items which are arranged based on the Likert scale, were analyzed by analysis of variance test t-test. Result from test t-test is p = 0734 (P > 0.05), which means that there are no significant difference in costumer loyalty on service user ojek online (go-jek) reviewed from gender.

Perbedaan Loyalitas Pelanggan pengguna jasa ojek online (go-jek) ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk melihat  perbedaan loyalitas pelanggan pengguna jasa ojek online (Go-Jek) ditinjau dari jenis kelamin. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif dengan populasi pada penelitian yaitu pengguna jasa ojek online (Go-Jek) di Kota Bukitinggi. Sampel penelitian berjumlah 100 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala loyalitas pelanggan yang berjumlah 25 butir pernyataan yang disusun berdasarkan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah  teknik analisis  uji beda t-test. Hasil dari t-test adalah p = 0.734 (p > 0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan loyalitas pelanggan pengguna ojek onlie (Go-Jek) ditinjau dari jenis kelamin.


Keywords


Costumer loyalty; ojek online (Go-Jek); gender

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i4.7580