PERBEDAAN SOCIAL TRUST TERHADAP BIRO TRAVEL UMROH YANG BELUM DAN SUDAH UMROH

Fussilat Fussilat - Universitas Negeri Padang
Suci Nio - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to know the differences in social trust at the umroh travel between who has never been and has been departed the umrah. The research’s design is used quantitative comparative. The population were all people who had never and had been departed the umrahwith subject were 100 people. The technique of sample was purposive sampling. This study used 30 items of social trust with the reliability is 0,919. Data were analyzed by using variance analysis techniques (ANAVA) with he results of p = 0,000 (p<0,05) which was a very significant difference in social trust at the umrah travel between who has had never been and had been departed the umrah.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan social trust pada biro travel umroh antara yang belum pernah umroh dengan yang sudah pernah umroh. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang yang belum pernah berangkat umroh dan orang yang sudah pernah berangkat umroh dan sampel sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala social trust 30 butir pernyataan dengan nilai reliabilitas sebesar 0,919. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis varian (ANAVA). Hasil dari anava adalah p = 0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat perbedaan social trust yang sangat signifikan terhadap biro travel umroh antara yang belum pernah berangkat umroh dengan yang sudah pernah berangkat umroh.


Keywords


Social trust; has never been departed the umrah; has been already departed the umrah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.6579