KONTRIBUSI WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR MATIC HONDA

Ahmad Siregar - Universitas Negeri Padang
Suci Nio - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to determine contribution between Word Of Mouth (WOM) and buying interest  of Honda motorcycle on people in Bukittinggi. The research design used in this study is a quantitative method. The population in this study was people in Bukittinggi and samples were drawn using purposive sampling technique using certain criteria so that 100 subjects were obtained. The data analysis technique in this study is using the normality and linearity test and the correlation test with regression analysis. Result of this research shows that there is a positive and significance correlation between word of mouth (WOM) and buying interst of Honda motorcycle with p=0,030 (p>0,05).

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kontribusi antara Word Of Mouth (WOM) terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda pada masyarakat di kota Bukittinggi. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kota Bukittinggi. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu, dimana subjek penelitian berjumlah 100 orang. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas dan linearitas serta uji korelasi dengan analisis regresi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi positif yang signifikan antara Word Of Mouth (WOM) terhadap minat beli sepeda motor matic merek Honda dengan nilai p=0,030 (p<0,05). 


Keywords


Word of mouth; buying interest; motorcycle

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.6575