PENGARUH SELF-EFICACY TERHADAP PENYESUAIAN AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT PERTAMA JURUSAN PSIKOLOGI

Hartina Hartina - Universitas Negeri Padang
Mudjiran Mudjiran - Universitas Negeri Padang

Abstract


The effect of self-efficacy on academic adjustment on first level students majoring in Psychology. This study aims to determine the effect of self-efficacy on academic adjustment on first-level students in the Psychology Department. The research design used is quantitative correlational. The population in this study were all students of 2018 in the field of psychology. The sample in this study were 100 people who were selected using Purposive Sampling. This study uses a self-efficacy scale with a reliability value of 0.921 and an academic adjustment scale with a reliability value of 0.912. Data analysis techniques in research using regression analysis is simple linear regression analysis. The results of the study found that there was a significant positive effect between self-efficacy on academic adjustment on first-degree students with (r) 0.469 and p = 0.000 (p <0.05). So that Ha proposed in this study is accepted. This study also shows that self-efficacy has an effect on academic adjustment with R Square of 22.%. 

 Pengaruh self-efficacy terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa tingkat pertama Jurusan Psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa tingkat pertama di Jurusan Psikologi. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2018 juruan psikologi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang yang dipilih dengan menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan skala self-efficacy  dengan nilai reliabilitas sebesar 0,921 dan skala penyesuaian akademikdengan nilai reliabilitas sebesar 0,912. Teknik analisis data dalam penelitian dengan menggunakan analisis regresi yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara self-efficacy terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa tingkat pertama dengan (r) 0.469 dan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Sehingga Ha yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa self-efficacy berpengaruh terhadap penyesuaian akademikdengan R Square sebesar 22. %


Keywords


Self-Efficacy; Academic Adjustment

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i1.6507