KONTRIBUSI COPING STRATEGY TERHADAP ADAPTATIONAL OUTCOMES PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Rena Oktaviana - Universitas Negeri Padang
Yuninda Ningsih - Universitas Negeri Padang

Abstract


This study aims to determine the contribution of coping strategy to adaptational outcomes on students who are preparing in the Department of Psychology. The research design used is quantitative descriptive. The sample in this study were as many as 50 students who were selected using incidental sample. This study uses a coping strategy scale with a reliability value of 0.923 and an adaptational outcomes scale with a reliability value of 0.916. Data analysis techniques in research using regression analysis is simple linear regression analysis. The results of the study found that there was a significant positive contribution between coping strategy and adaptational outcomes on students with (r) 0.506 and p = 0.000 (p <0.05). So that Ha proposed in this study was accepted. This study also shows that coping strategy contributes to adaptational outcomes with R Square of 54.6%. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi coping strategy terhadap adaptational outcomes pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengerjakan skripsi sebanyak 50 orang yang dipilih dengan menggunakan Incidental Sampling. Penelitian ini menggunakan skala coping strategy dengan nilai reliabilitas sebesar 0,923 dan skala adaptational outcomes dengan nilai reliabilitassebesar 0,916. Teknik analisis data dalam penelitian dengan menggunakan analisis regresi yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat kontribusi positif yang signifikan antara coping strategy terhadap adaptational outcomes pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi dengan (r) 0.506 dan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Sehingga Ha yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsep diri berkontribusi terhadap adaptational outcomes dengan R Square sebesar 25.6%. 


Keywords


Coping strategy; adaptational outcomes; student who are preparing their thesis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i2.6322