Kontribusi Big Five Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Psikologi UNP

Ari Ari - Universitas Negeri Padang
Nurmina Nurmina - Universitas Negeri Padang

Abstract


The research aims to know the contribution of big five personality toward self-regulation during students’ learning.  The kind of research is quantitative method. The research population consists of students who learn at Psychology Department in University State of Padang. The sample is chosen by using purposive sampling with certain characteristic. Then, the number of sample of the research is 60 subjects. The collection of data used big five personality scale (BFI) and self-regulation learning scales. The data analysis used multiple regression analysis technique and result showed that the value of p=0,000 (p<0,05),which means there is contribution of  big five personality toward self-regulation learning.  

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kontribusi kepribadian big five terhadap regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian terdiri dari mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Sehingga sampel dalam penelitian didapatkan sebanyak 60 subjek. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan skala kepibadian big five (BFI) dan skala regulasi diri dalam belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dan hasilnya menunjukkan bahwa nilai p=0,000 (p<0,05), yang berarti bahwa terdapat kontribusi kepribadian big five terhadap regulasi diri dalam belajar. 


Keywords


Big five; self-regulation learning; students

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i2.6197