KONTRIBUSI BRAND EQUITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MAHASISWA/I YANG MENGKONSUMSI MIE INSTAN INDOMIE

Nurul Purwasih - Universitas Negeri Padang
Yanladila Putra - Universitas Negeri Padang

Abstract


This research is focus to find out the contribution between brand equity and customer loyalty on college student who consume Indomie instant noodles product in Bukittinggi and samples were drawn using purposive random sampling technique using certain criteria so that 80 subjects were obtained. Research design is quantitative method. The data analysis technique in this study is using the normality and linearity test and the correlation test with regression analysis.  There is a positive and significance correlation between brand equity and customer loyalty with a value p=0,010 (p>0,05). In conclusion of this correlation is when there is an increasing on brand equity of Indomie, there also will be an increasing on Indomie customer loyalty. 

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengetahui kontribusi brand equity terhadap customer loyalty pada mahasiswa/i di Bukittinggi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa/i di kota Bukittinggi dan sampel ditarik dengan menggunakan teknik purposive random sampling dengan menggunakan beberapa kriteria tertentu sehingga didapatkan subjek sebanyak 80 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas dan linearitas serta uji korelasi dengan analisis regresi. Terdapat hubungan yang positif yang sangat signifikan antara brand equity dan customer loyalty dengan nilai p=0,010 (p < 0,05) maka dapat diartikan ketika brand equity meningkat maka customer loyalty akan meningkat pula dan begitu juga sebaliknya. 


Keywords


Brand equity; customer loyalty; instant noodle

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24036/jrp.v2019i3.6192